CATATAN GURU : JALAN MENUJU IMAN


 "Ibu , waktu bangun malam mau tahajud sempat agak takut tapi inget oh iya kan Allah Maha Melihat , Allah yang jaga aku.. Tenang.." cerita mbak (10,5 th). Alhamdulillah .. " Ibu ...saya ada pertanyaan (suka pakai kata "saya " hehe resmi ya..) kalau katanya bumi bulat tapi kenapa kita disini seperti datar ya bumi nya? " tanya adik (7th). Atau waktu adik 4 th pernah bertanya "ibu ..kenapa kucing haram tapi boleh dipelihara?" "Ibu ..besi diciptakan Allah itu berat bisa tenggelam, kenapa kapal dari besi kok bisa terapung , nggak tenggelam? " ini perrtanyaan kakak waktu 3 tahun. "Ibu ... aku malu dilihat sama Allah ..kalau.keluar tidak.menutup aurot" kata mbak waktu kelas 1 SD.

Kita sebagai ibu sering mendengar pertanyaan, juga pernyataan dari anak-anak kita. Jika anak bertanya itu adalah momen yang tepat untuk memuaskan rasa ingin tahunya  juga momen yang tepat untuk menguatkan imannya. Jika anak berkomentar jangan dipotong dan jangan disalahkan dulu,  justru ini sarana untuk mengecek pemahaman, jika ada yang salah kita luruskan dengan pemahaman yang benar.

Iman didapat bukan dari doktrin namun dengan  proses berfikir dan dikuatkan hati.  Ajak anak-anak untuk memikirkan alam semesta ciptaan Allah, tumbuhkan ketakjuban kepada Al Khaliq.

Allah SWT berfirman:

اِنَّ فِيْ خَلْقِ السَّمٰوٰتِ وَا لْاَ رْضِ وَا خْتِلَا فِ الَّيْلِ وَا لنَّهَا رِ لَاٰ يٰتٍ لِّاُولِى الْاَ لْبَا بِ ۙ 

"Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi, dan pergantian malam dan siang terdapat tanda-tanda (kebesaran Allah) bagi orang yang berakal,"

(QS. Ali 'Imran 3: Ayat 190)

Iman itu pembenaran yang bersifat pasti (tashdiiqul jazm) artinya seratus persen yakin tidak ada keraguan sedikitpun. Maka dengan sering anak-anak diajak berdiskusi mengenal ciptaaan Allah, mengenal sifat-sifat Allah di asmaul husna, akan menumbuh suburkan imannya, mengokohkan keyakinannya, memunculkan rasa bahwa kita manusia adalah makhluk-Nya yang lemah, selayaknya harus taat patuh hanya kepada aturan-Nya dengan penuh bahagia. Supaya iman nya berbunga bermekaran sepanjang hayat...ringan dalam.ketaatan kepada Allah ta'ala. Aamiin.

Catatan Guru

Ibu Ari Susanti, S.Tp (Founder Sekolah Alam Mutiara Umat Tulungagung)

-----------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Ayah Bunda ...ingin mencari sekolah yang menyenangkan buat ananda? sekolah yang selaras dengan fitrah anak, sekolah yang mengedepankan adab dan akhlak, sekolah yang mengasah logika berfikir untuk bernalar dengan baik dan yang memahami setiap keunikan anak?

Yuk daftar ke SEKOLAH ALAM MUTIARA UMAT Tulungagung. 

http://bit.ly/infoPPDB_SALAMMU 
Dibuka pendaftaran mulai 6 Desember 2021.
Ditutup sewaktu-waktu jika kuota penuh.

Bisa hubungi :
CP: 081363091581
Atau datang langsung ke Sekolah Alam Tulungagung 😃

Akun Resmi Sekolah Alam Mutiara Umat 


 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar