JURUS JITU PENGIKAT HATI ANANDA


 



Oleh : Ari Susanti, S.TP (Founder Sekolah Alam Mutiara Umat)

Ayah bunda, langkah awal agar bisa mengendalikan anak untuk tetap dalam arahan adalah dengan mengikat hatinya. Ingat, hati ada raja meski tanpa mahkota. Hati yang telah terpikat akan menjadikan tunduk. Apalagi saat anak beranjak remaja, saat mereka mulai "cerdas" beragumen, maka jika hatinya sudah terikat akan mudah jika dinasehati sang ayah / bunda.

Bagaimana jurusnya?? Nah agar anak terkesan dan merasa diistimewakan, harus menguasai tiga jurus ini.

  • Sering-Sering Memeluk atau Menyentuh Anak Secara Fisik

Anak merasa nyaman dalam sentuhan. Sentuhan ini akan memberi efek yang mengikat hati antara orang tua dan anak. Santailah saat menyentuh, memeluk dan tunjukkan dengan rasa sayang. Apalagi anak- anak yang bahasa cintanya dengan sentuhan, ia akan merasa semakin dicintai.

Yuk kita lihat teladan kita, uswatun hasanah kita , Rasulullah SAW.

Abdullah bin Ja’far bin Abi Thalib ketika masih kecil dan yatim beliau menceritakan,

“… Kemudian Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam mengusap kepalaku sebanyak tiga kali. Setiap kali mengusap beliau berdoa: “Ya Allah, jadikanlah pengganti Ja’far pada anaknya …””

Anak yang bahasa cintanya sentuhan akan merasa dicintai apabila diusap kepalanya, dipeluk , dipegang tangannya, ditepuk bahunya dan sentuhan lainnya. Sebagaimana yang dicontohkan Nabi ketika mengusap kepala sambil mendoakan. Yuk, Ayah Bunda tunjukkan cinta kita supaya komunikasi menjadi mudah.

  • Ungkapkan Cinta Secara Privat

Boleh sambil berbisik-bisik di telinga anak atau suara yang lembut tetapi terdengar jelas di telinga anak. Apalagi jika ditambah kalimat "ini rahasia lho" hal ini akan membuat anak merasa istimewa.

Rasulullah shollallahu ‘alaihi wasallam bersabda,

إِذَا أَحَبَّ أَحَدُكُمْ أَخَاهُ فَلْيُعْلِمْهُ أَنَّهُ أَحَبَّهُ

Jika salah seorang dari kalian mencintai saudaranya, maka beritahukan padanya (HR. Tarmidzi).

Ayah Bunda sering mengungkapkan cinta kepada buah hati?? Kita di-sunnah-kan mengungkapkan cinta karena Allah ta’ala  kepada saudara seiman.  Apalagi kepada yang terdekat dengan kita, anak-anak perlu teladan dari orang tua. Jika Ayah Bunda sering mengungkapkan cinta dan sayang kepada ananda, pastinya mereka pun akan memberi ungkapan yang sama kepada orang tuanya. Terutama anak yang dominan bahasa cintanya kata-kata cinta.Tentu ia akan merasa terkesan dan sangat dicintai. Jangan lupa kita niatkan mengamalkan sunnah Nabi, maka pahala akan menanti.

  • Mendoakan Anak Secara Terbuka

Hal ini amat disukai. Sebab doa yang diucap adalah bait cinta yang terhubung ke angkasa. Namun doa yang diucap tentu doa yang bermakna. Ucapkan doa yang singkat tapi bermakna, sehingga ia mendengarnya berkesan dan menjadi konsep diri positif buat ananda.

Rasulullah SAW memberi kesan yang mendalam bagi Usamah bin Zaid. Ketika ia kecil ingat dipangku Rasulullah SAW  kemudian beliau memeluk Usamah dan cucu beliau yaitu Hasan, (Usamah itu teman main cucu Rasulullah SAW ), sambil berdoa secara terbuka "Ya Allah , sayangilah Hasan dan Usamah. Karena sesungguhnya aku sangat sayang dengan kedua anak ini"

Maasyaa Allah, meleleh pastinya hati Usamah. Hati anak mana yang tak tersentuh dengan untaian doa dan cinta dari manusia pilihan.

Yuk ayah bunda mari bersama berlatih dengan 3 jurus pamungkas ini. Niatkan karena Allah Ta'ala, karena berbuah pahala. Juga terus doa secara tersembunyi, minta kepada Allah Ta'ala karena hanya Dia yang Maha Menggenggam Hati. 

Demikian jurusnya, tentunya ini adalah salah satu ikhtiar kita diantara banyak ikhtiar dalam.proses membersamai ananda.

#SekolahAlamMutiaraUmat #ppdb2022 #TULUNGAGUNG #sekolahasyik #sekolahalam


Tidak ada komentar:

Posting Komentar