Reportase : MPLS Sekolah Alam Mutiara Umat Tahun Ajaran 2022/2023


 

Kakak kelas memandu adik -adik kelas untuk mengenalkan tempat demi tempat di sekolah

Salah satu momen yang ditunggu – tunggu siswa siswi setelah libur panjang akhir tahun ajaran adalah kembali ke sekolah untuk belajar dan bertemu dengan teman – temannya. Tidak cukup itu, kebahagiaan juga tampak dari para siswa baru, baik yang memasuki jenjang PAUD-TK, SD, atau SMP. Sebagai bentuk penyambutan bapak – ibu guru kepada anak – anak, maka di awal masuk dilaksanakan kegiatan MPLS (Masa Lingkungan Sekolah). Kegiatan yang dilaksanakan mulai tanggal 18 – 22 Juli ini dikemas dengan berbagai kegiatan yang bertujuan untuk mengenalkan lingkungan dan adab – adab di sekolah kepada peserta didik baru di Sekolah Alam Mutiara Umat.

adik - adik berbaris rapi mendengarkan penjelasan dari kakak kelas




perkenalan guru & antar teman


Di hari pertama MPLS kegiatan dibuka dengan sambutan Kepala Sekolah dilanjutkan dengan kegiatan di kelas untuk mengenal guru – guru, teman satu dengan teman lainnya,  atau menceritakan pengalaman selama liburan. Di hari kedua bagi siswa SD dibentuk beberapa kelompok yang terdiri dari kelas 1 – 6 kemudian kakak – kakak kelas 4 hingga 6 mendapat amanah yakni mengenalkan tempat – tempat dan aturan – aturan yang ada di lingkungan sekolah. Mulai dari gerbang masuk hingga kelas dan bangunan paling ujung. Terlihat antusias kakak dalam menjelaskan disambut dengan kegembiraan bagi adik – adik kelas 1. Mereka berbaris rapi, mengatur posisi, mengular dan saling berpegang bahu agar tidak ketinggalan. Berbeda halnya kakak – kakak SMP yang diisi dengan Sharing Motivation (Adab terhadap Guru, Orang tua dan Majelis)

Di hari ke-3 MPLS tingkat PAUD-TK diisi dengan kegiatan Playing Game. Tampak keceriaan di wajah mungil mereka. Sedangkan tingkat SD diisi dengan kegiatan kunjungan dan pertunjukan dari kakak kelas 4-6 yang berkunjung ke kelas 1-3 secara bergantian. Selain itu, sebagai wujud kecintaan kakak kelas kepada adik – adik kelas mereka saling memberi hadiah. Tidak kalah seru di tingat SMP yang diisi dengan kegiatan ajang eksplorasi diri.


Puncaknya di hari Jum’at sebelum penutupan. Sebagai bentuk apresiasi kepada kakak – kakak kelas yang telah amanah dalam menjalankan misinya selama MPLS yaitu mengenalkan lingkungan sekolah. Maka pemberian hadiah sederhana diberikan kepada mereka. Semoga semangat awal masuk sekolah dapat bertahan hingga akhir nanti. Serta semoga Allah mudahkan dan luruskan niat kalian dalam mencari ilmu. Sebagai penyemangat, pada potongan hadis riwayat Abu Hurairah Ra, Rasulullah Saw bersabda:

 

مَنْ سَلَكَ طَرِيقًا يَلْتَمِسُ فِيهِ عِلْمًا سَهَّلَ اللَّهُ لَهُ بِهِ طَرِيقًا إِلَى الْجَنَّةِ

 

"Barang siapa menempuh jalan untuk mencari ilmu, maka Allah akan memudahkan jalan ke surga baginya." (HR. Muslim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar