REPORTASE SEMINAR PARENTING AKBAR "MENJALIN KOMUNIKASI ASYIK DENGAN BUAH HATI"


Sejak siang hingga malam hari sehari sebelum acara dimulai, Tulungagung diguyur hujan. Alhamdulillah pagi itu hari Sabtu, 25 Februari 2023 cuaca cerah. Matahari perlahan meninggi menunjukkan senyum merekahnya. Tahun ini pemateri spesial kita adalah Bapak Novri H. S. Tanjung, S.I.Kom, M. NLP, CHt, alhamdulillah sedari pagi sudah tiba di kota Tulungagung. 


Kedatangan Peserta Seminar Parenting Akbar "Menjalin Komunikasi Asyik dengan Buah Hati"





Sebelum jam 8 peserta dari wali murid TK/PAUD, SD, SMP Alam Mutiara Umat, para delegasi dari berbagai sekolah di Tulungagung, serta para peserta umum mulai berdatangan di gedung lantai 2 STIKES Tulungagung. Semangat dan kekompakan dari wali murid juga kian nampak, tatkala sebelum acara dimulai mereka saling menunggu dengan wali murid yang lain. Ada pula para delegasi yang tampak dari kejauhan dengan seragamnya yang sama. 

Pembacaan Ayat Suci Al Qur'an


Setelah dibuka oleh MC, untuk menambah keberkahan acara selanjutnya adalah pembacaan ayat Al Qur'an yang pada kesempatan kali ini dibacakan oleh ananda Khoir (Kelas 5) dan kak Syamil (Kelas 6). Hati bergetar tatkala mendengarkan suara lantang dari mereka berdua melantunkan surah Al Baqarah ayat 8 - 13. Barokallahu anak-anak sholih.

Sambutan dari Ketua Yayasan Hajjah Bayyatin dan Direktur Sekolah Alam Mutiara Umat


Kurang afdhol rasanya jika sebelum acara dimulai belum dimulai dengan sambutan. Kali ini sambutan oleh Bapak Ir. Haryoso, selaku Ketua Yayasan Hajjah Bayyatin. Disampaikan oleh Bapak Haryoso, ketika menyapa pemateri dengan cara yang khas. 

"Di benak saya nama Tanjung ini memiliki arti sendiri dan identik dengan sukses. Ada Akbar Tanjung juga sukses, Chairul Tanjung juga sukses. Jadi insyaAllah yang memiliki nama Tanjung ini akan memberikan manfaat dan imbas bagi banyak orang”, ucap beliau dalam sambutannya. 


Sambutan berikutnya dari Bapak Yos Yahyadi, S.Pi, selaku Direktur Sekolah Alam Mutiara Umat. Disampaikan bahwa rasa syukur bahagia dari beliau karena sejak adanya pandemi, alhamdulillah kali ini dapat kembali melaksanakan kegiatan tahunan yakni Seminar Parenting Akbar yang dinanti - nantikan oleh para wali murid. 

"Acara ini dilaksanakan sebagai bentuk wadah untuk menjalin kerjasama yang baik antara orang tua dan sekolah dalam mendidik ananda. Semoga dari acara ini kita memiliki frekuensi yang sama dalam mendidik ananda dengan teknik - teknik komunikasi asyik yang akan kita dapatkan melalui penjelasan pemateri nanti", pesan Bapak Direktur Sekolah Alam Mutiara Umat dalam sambutannya. 

Seminar Parenting Akbar dimulai


Akhirnya... Yang dinanti sampai juga pada waktunya. Acara inti dengan tema "Menjalin Komunikasi Asyik Buah Hati", bersama Bapak Novri H. S. Tanjung, S.I.Kom, M. NLP, CHt. 

Baru dibuka langsung pada peserta disentil dengan pertanyaan,

"Bapak/ibu adakah yang disini sudah pernah ikut Seminar Parenting di lain tempat"

"Adakah disini yang pernah ikut Seminar parenting lebih dari sekali"

"Ataukah dari bapak ibu disini yang baru pertama kali hadir di Seminar Parenting"

Ternyata banyak dari peserta acara Seminar Parenting yang angkat tangan ketika diajukan pertanyaan mengikuti seminar lebih dari sekali. Kemudian dilanjutkan dengan pertanyaan lanjutan,

"Sudah berapa banyak materi yang didapatkan kemudian diterapkan ke buah hati atau keluarga kita?”

Pertanyaan yang singkat namun mampu menampar bagi kita semua. 

Pemateri menyampaikan, memang adakalanya orang tua harus memiliki waktu untuk "Pitstop". Orang tua perlu sejenak menghela nafas untuk kembali on track dalam mendidik dan membersamai ananda salah satunya dalam hal komunikasi. 

Di sesi pertanyaan, cukup banyak pertanyaan yang diajukan oleh para peserta. Mulai dari yang menceritakan problem/ketakutan yang dimiliki ananda dengan suatu hal dan bagaimana cara menyikapinya. Bagaimana agar anak-anak tidak mudah terpapar adanya pengaruh buruk tontonan yang ada di gadget. Serta pertanyaan dari salah satu wali murid yang menceritakan perubahan yang terjadi pada buah hatinya ketika masih usia anak-anak menjadi usia baligh. Dan sekaligus menyentil bagi semua yang ada gedung acara, tentang berapa nilai kita sebagai orang tua jika ditanyakan ke buah hati kita. Bagaimana agar nilai orang tua bisa maksimal di mata anak? 


Alhamdulillah setelah pemaparan materi oleh pembicara dan sesi sharing. Acara selanjutnya adalah pembagian doorprize berupa produk asli/usaha dari wali murid Sekolah Alam Mutiara dan sekaligus yang telah mendukung terselenggaranya acara Seminar Parenting Akbar ini. Kami ucapkan jazakumullah khairan katsir kepada Kacang Sanghai Gangsar, Abon Ikan Pak Gondho, dan Roti Pisang Kereta Api. 

Penyerahan Cindera Mata


Sebagai ucapan terimakasih kepada pemateri, bapak Novri yang telah mencurahkan ilmunya di acara seminar parenting kali ini. Kami dari pihak sekolah memberikan sedikit cindera mata berupa foto dokumentasi dengan menggunakan pigura kayu jati yang dihasilkan dari Sekolah Alam Mutiara Umat. Semoga dapat menjadi pengingat akan pertemuan yang berkesan dan berharga ini. 

Terakhir, agar semakin barokah acara ditutup dengan pembacaan doa. Semoga dari acara ini semakin menguatkan kepada kita sebagai orang tua untuk senantiasa memperbaiki, introspeksi serta menyandarkan atas pola asuh dan komunikasi terhadap ananda atas Ridho Allah semata. 

"Komunikasi bukan hanya sekedar kata-kata, tetapi transfer seperangkat energi, pikiran, perasaan dan gerak tubuh. Sehingga darinya komunikasi mampu mengubah kata seolah menjadi mantra" 
(Novri H. S. Tanjung, S.I.Kom, M. NLP, CHt) 

1 komentar: