MENYAMBUT RAMADHAN DENGAN SUKA CITA


 

Oleh : Sekolah Alam Mutiara Umat

“Bulan Mulia di depan mata, saatnya menyambut dengan bekal ilmu dan suka cita”

Hayo ngaku siapa nih yang ketika puasa suka loyo – loyoan? Seharian di depan layar gadget buat main game? Atau tidur – tiduran aja, eh tau – tau udah bedug maghrib aja? Ada nggak yang kayak gitu? Semoga sih kita nggak termasuk ya.. atau kalau ada salah satu pernah kita lakuin, yuk simak deh artikel ini sampai akhir.

Allah swt memberikan hadiah spesial bagi kaum muslim yang melaksanakan puasa yaitu mereka dapat masuk surga melewati pintu Ar- Rayyan.

Rasulullah bersabda yang artinya,

Sesungguhnya di surga ada suatu pintu yang disebut “ar rayyan“. Orang-orang yang berpuasa akan masuk melalui pintu tersebut pada hari kiamat. Selain orang yang berpuasa tidak akan memasukinya. Nanti orang yang berpuasa akan diseru, “Mana orang yang berpuasa.” Lantas mereka pun berdiri, selain mereka tidak akan memasukinya. Jika orang yang berpuasa tersebut telah memasukinya, maka akan tertutup dan setelah itu tidak ada lagi yang memasukinya(HR. Bukhari no. 1896 dan Muslim no. 1152).

Wah, spesial banget kan Allah beri balasan yang gak main – main lho, yup masuk surga lewat pintu khusus buat siapa aja yang rajin ngelakuin puasa. Masih gak semangat menyambut Ramadhan??

Ada lagi nih, keutamaan Bulan Ramadhan yang perlu kita ketahui. Pertama, Ramadan adalah bulan diturunkannya Al quran dan kitab suci lainnya yang Allah turunkan. Kedua, apabila Ramadan tiba, pintu surga dibuka, pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Keren kan... Ketiga, ada malam penuh kemuliaan di bulan Ramadan yaitu Lailatul Qadar. Ibadah di dalamnya lebih baik daripada ibadah pada seribu bulan lainnya. Keempat, Bulan Ramadan itu bulan penuh rahmat, ampunan, banyak yang dibebaskan dari neraka dan doa mudah dikabulkan. MasyaAllah...

Tapi – tapi, pernah gak sih berfikir kenapa orang bermaksiat masih bisa jalan terus padahal katanya setan diikat di bulan Ramadhan?? Hayo, gimana tuh...

Ada benernya juga sih, emang bener kalau bulan Ramadhan setan itu diikat, hadistnya :

“Jika telah datang bulan Ramadhan, pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu.” (Muttafaqun ‘alaihi).

Ternyata ada beberapa sebab nih, (1) Setan akan terikat dari orang – orang yang menjalankan puasa dengan benar. (2) Ada faktor hawa nafsu setiap orang yang membuat maksiat terjadi. (3) Dan, setan yang diikat adalah setan besar yang memiliki pasukan, bukan pada setan kecil.

So, Puasa Gak Boleh Loyo – loyoan!

Salah satu perintah di bulan Ramadhan yaitu diwajibkannya puasa, sebagaimana Allah berfirman yang artinya :

“Hai orang-orang yang beriman! Diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.” (QS. Al Baqarah 183)

Kalau kita lihat dari arti puasa secara bahasa adalah menahan. Ya, menahan diri dari makan, minum dan hal – hal yang membatalkan puasa dari fajar hingga maghrib. Meskipun loyo – loyoan seharian gak sampai bikin puasa batal. Tapi nih, nggak mau juga kan ya, kita cuman dapat laper aja tanpa dapat pahala gara – gara nggak gunain waktu di bulan Ramadhan buat mengejar pahala. Apalagi, Allah swt sedang bagi – bagi pahala nih di bulan Ramadhan. Setiap ibadah puasa di bulan Ramadhan bernilai 10 pahala, dan setiap pahala Allah lipat gandakan menjadi tak terbatas alias unlimited. Yuk, mumpung masih ada waktu untuk mempersiapkandiri, kencangkan sabuk pengaman untuk menyambut Bulan Mulia.

Kesempurnaan ibadah seseorang terletak dari keikhlasan dan tata cara yang benar sesuai syariat Allah. Semoga Allah meridhoi kita berjumpa dengan bulan Ramadhan dan maksimal dalam beribadah. Aamiin..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar