DOA SUPAYA ANAK SHOLIH SHOLIHAH


Oleh: Ibu Ari Susanti, STP @arisantisanadji
Founder Sekolah Alam Mutiara Umat 


Anak yang sholih sholihah adalah harapan kita para orang tua. Anak sholih sholihah bukan semata-mata usaha kita sebagai orang tua, namun sejatinya hidayah pemberian dari Allah SWT. Orang tua hanyalah ikhtiar terbaik sebagai bentuk pertanggungjawaban atas amanah yang dititipkan Allah SWT. Pastinya amanah ini akan ditanya kelak nanti di akhirat oleh Allah SWT sang pemilik anak-anak kita. Apakah kita sudah mendidiknya sesuai aturan Allah SWT, apakah kita sudah ber-ikhtiar terbaik sesuai yang di-ridhoi Allah SWT, termasuk apakah kita bisa bersabar dan bersyukur dengan anak-anak kita.


Sebagai orang tua haruslah terus mendawamkan doa memohon pertolongan Allah SWT untuk kebaikan anak-anak kita. Doa yang ada di Al Qur'an untuk kesholihan anak-anak antara lain di surat Al Furqan ayat 74 dan Al Ahqaf ayat 15 yang harusnya terus kita panjatkan dengan penuh kesungguhan. 

رَبَّنَا هَبْ لَـنَا مِنْ اَزْوَا جِنَا وَذُرِّيّٰتِنَا قُرَّةَ اَعْيُنٍ وَّا جْعَلْنَا لِلْمُتَّقِيْنَ اِمَا مًا

"Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai penyenang hati (kami), dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertakwa." (QS. Al-Furqan 25: Ayat 74)


رَبِّ اَوْزِعْنِيْۤ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْۤ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَا لِدَيَّ وَاَ نْ اَعْمَلَ صَا لِحًا تَرْضٰٮهُ وَاَ صْلِحْ لِيْ فِيْ ذُرِّيَّتِيْ ۗ اِنِّيْ تُبْتُ اِلَيْكَ وَاِ نِّيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

"Ya Tuhanku, berilah aku petunjuk agar aku dapat mensyukuri nikmat-Mu yang telah Engkau limpahkan kepadaku dan kepada kedua orang tuaku, dan agar aku dapat berbuat kebajikan yang Engkau ridai dan berilah aku kebaikan yang akan mengalir sampai kepada anak cucuku. Sungguh, aku bertobat kepada Engkau, dan sungguh, aku termasuk orang muslim." (QS Al Ahqaf ayat 15)


Malik bin Maqul menerangkan bahwa suatu ketika Abu Ma'syar menceritakan tentang kenakalan anaknya kepada Thalhah bin Mashraf. Lalu Thalhah berkata "Bila engkau menginginkan anak turun yang sholih-sholihah maka bacalah doa" (Al Ahqaf ayat 15)

رَبِّ اَوْزِعْنِيْۤ اَنْ اَشْكُرَ نِعْمَتَكَ الَّتِيْۤ اَنْعَمْتَ عَلَيَّ وَعَلٰى وَا لِدَيَّ وَاَ نْ اَعْمَلَ صَا لِحًا تَرْضٰٮهُ وَاَ صْلِحْ لِيْ فِيْ ذُرِّيَّتِيْ ۗ اِنِّيْ تُبْتُ اِلَيْكَ وَاِ نِّيْ مِنَ الْمُسْلِمِيْنَ

(Tafsir Al Qurtubi, juz 6/195)

Kita sebagai orang tua teruslah memohon dan memohon pertolongan kepada Allah SWT, karena hanya Allah SWT sebaik-baik penjaga. Hanya Allah SWT  yang menggenggam hati anak-anak kita.

Yuk terus mengharap rahmat Allah SWT, semoga Allah SWT mudahkan kita semua para orang tua untuk mendidik mereka menjadi anak-anak sholih sholihah. Wallahu a'lam

Tidak ada komentar:

Posting Komentar