Ekskul Multimedia : Keseruan Membuat Buku Ilustrasi


Kali ini di semester ganjil ananda yang tergabung dalam ekskul Multimedia melaksanakan kegiatan berbasis project. Dimana ananda semester ini akan membuat Buku Ilustrasi. Seru tentunya, sebelumnya di awal mereka dikenalkan apa sih buku ilustrasi itu. Mereka berkunjung ke perpustakaan sekolah untuk mengamati dan mencari buku ilustrasi yang menurut mereka menarik. Sambil presentasi apa sih yang membuat buku itu menarik versi mereka. 

Dipertemuan selanjutnya, dengan bekal informasi dan referensi yang mereka dapatkan. Saatnya mereka membuat prototype/sketsa dari desain buku ilustrasi yang akan mereka buat. Dimulai dengan membuat desain di atas kertas HVS yang dibentuk semirip mungkin dengan buku agar mereka tergambar halaman per halaman yang akan dibuatnya. 

Mereka ada yang membuat dalam bentuk komik, ada juga cerita fiksi inspiratif, atau buku ilustrasi yang berisi tentang cerita mengenalkan permainan tradisional yang mereka ketahui. 

"Ternyata tidak mudah ya bu buatnya", ucap salah satu siswa

"Apa ya bu... Bikin halaman depannya saja belum selesai", sahut siswa lainnya.. 

MasyaAllah... Memang dari project ini harapannya bukan hanya sekedar men-transfer ilmu tentang buku ilustrasi tetapi juga mengajarkan kepada ananda agar bisa menghargai karya orang lain. Terlebih dalam hal ini buku, agar mereka juga semakin cinta dengan buku. Sebagaimana ketika Islam berjaya, para ilmuwan yang berhasil menuliskan buku akan dibayar sepadan dengan berat emas sesuai dengan berat buku yang berhasil mereka tuliskan. MasyaAllah.. 

Setelah membuat, prototype/sketsa mereka akan mengaplikasikan nya ke dalam bentuk digital dengan menggunakan aplikasi yang ditentukan. InsyaAllah setiap pekannya ananda ber progres untuk menyelesaikan project nya kali ini. Semoga senantiasa dimudahkan Allah dalam menyelesaikan Buku Ilustrasi dan semoga bisa memberikan inspirasi untuk para pembaca nantinya. Nantikan progres kami selanjutnya. Barokallahu... 🤲🤲

Tidak ada komentar:

Posting Komentar